Senin, 05 Oktober 2015

Metodologi Penelitian Pendidikan: Pemilihan Jenis Penelitian dan Pendekatan Berdasarkan Latar Belakang Masalah

Pemilihan Jenis Penelitian dan Pendekatan Berdasarkan Latar Belakang Masalah
Venti Indiani | 15709251057
Pend.Matematika PPs UNY 2015


Berikut merupakan contoh masalah yang saya identifikasi sebagai tugas yang diberikan dalam perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan oleh Ibu Dr. Heri Retnowati, M.Pd pada pertemuan sebelumnya.


Realita
Harapan
Pembelajaran banyak didominasi oleh guru yang menyampaikan materi secara langsung
Perlu adanya media pembelajaran contohnya LKS untuk membantu siswa dalam belajar sehingga pembelajaran tidak membosankan
Sumber belajar tidak bervariasi, siswa menggunakan buku sebagai satu-satunya sumber belajar
Siswa menggunakan sumber belajar yang bervariatif
Belum banyak LKS yang dikembangkan sesuai dengan pendekatan yang dianjurkan dalam kurikulum
LKS dikembangkan dengan berbagai pendekatan yang dianjurkan oleh kurikulum untuk mendukung berhasilnya proses pembelajaran di kelas
LKS yang beredar di sekolah kebanyakan hanya berisi ringkasan rumus dan latihan soal
LKS memuat suatu bimbingan yang dapat membantu siswa untuk menemukan/ mengkonstruksi pengetahuannya
Beberapa sekolah masih minim teknologi sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan media interaktif yang menuntut penggunaan LCD dan lain sebagainya
Untuk menyikapi hal tersebut dapat dikembangkan media lain seperti LKS yang tidak menuntut teknologi tinggi
Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kurang
Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa baik
Prestasi belajar siswa kurang baik
Prestasi belajar siswa baik
Kemampuan pemahaman konsep siswa kurang baik
Kemampuan pemahaman konsep siswa baik
Solusi : Perlu dikembangkannya Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang disesuaikan dengan kurikulum dan karakteristik siswa sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, pemahaman konsep, dan prestasi siswa.

Berdasarkan permasalahan yang ada di atas, maka jenis penelitian yang sesuai adalah penelitan Research and Development (R & D). Menurut Wina Sanjaya (2013:129), research and development merupakan proses pengembangan dan validasi produk pendidikan. Dalam research and development setidaknya ada tiga hal yang harus dipahami yakni; 1) tujuan akhir research and development adalah suatu produk yang andal karena melewati pengkajian terus menerus; 2) produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan lapangan; 3) proses pengembangan produk dari mulai pengembangan produk awal sampai produk jadi yang sudah divalidasi.  
Sementara itu, jenis pendekatan yang sesuai dengan permasalahan di atas adalah Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan pendekatan pembelajaran pada siswa dengan pemberian masalah autentik sehingga siswa dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuhkankembangkan keterampilan yang lebih tinggi, memandirikan siswa dan meningkatkan kepercayaan diri siswa (Arends, dalam Hosnan, 2014:295). PBL mempunyai ciri penggunaan masalah kehidupan nyata sebagai sesuatu yang harus dipelajari siswa untuk melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta mendapatkan pengetahuan konsep-konsep penting. Menurut Ibrahim dalam Hosnan (2014:295) pembelajaran berbasis masalah bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir dan keterampilan pemecahan masalah.

Referensi:
M. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wina Sanjaya. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar