Pemilihan Jenis Penelitian dan
Pendekatan Berdasarkan Latar Belakang Masalah
Venti
Indiani | 15709251057
Pend.Matematika
PPs UNY 2015
Berikut merupakan contoh
masalah yang saya identifikasi sebagai tugas yang diberikan dalam perkuliahan
Metodologi Penelitian Pendidikan oleh Ibu Dr. Heri Retnowati, M.Pd pada pertemuan
sebelumnya.
Realita
|
Harapan
|
Pembelajaran
banyak didominasi oleh guru yang menyampaikan materi secara langsung
|
Perlu
adanya media pembelajaran contohnya LKS untuk membantu siswa dalam belajar
sehingga pembelajaran tidak membosankan
|
Sumber
belajar tidak bervariasi, siswa menggunakan buku sebagai satu-satunya sumber
belajar
|
Siswa
menggunakan sumber belajar yang bervariatif
|
Belum
banyak LKS yang dikembangkan sesuai dengan pendekatan yang dianjurkan dalam
kurikulum
|
LKS
dikembangkan dengan berbagai pendekatan yang dianjurkan oleh kurikulum untuk
mendukung berhasilnya proses pembelajaran di kelas
|
LKS
yang beredar di sekolah kebanyakan hanya berisi ringkasan rumus dan latihan
soal
|
LKS
memuat suatu bimbingan yang dapat membantu siswa untuk menemukan/
mengkonstruksi pengetahuannya
|
Beberapa
sekolah masih minim teknologi sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan
media interaktif yang menuntut penggunaan LCD dan lain sebagainya
|
Untuk
menyikapi hal tersebut dapat dikembangkan media lain seperti LKS yang tidak
menuntut teknologi tinggi
|
Kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa kurang
|
Kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa baik
|
Prestasi
belajar siswa kurang baik
|
Prestasi
belajar siswa baik
|
Kemampuan
pemahaman konsep siswa kurang baik
|
Kemampuan
pemahaman konsep siswa baik
|
Solusi
:
Perlu dikembangkannya Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang disesuaikan dengan
kurikulum dan karakteristik siswa sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah, pemahaman konsep, dan prestasi siswa.
|
Berdasarkan permasalahan
yang ada di atas, maka jenis penelitian yang sesuai adalah penelitan Research and Development (R & D). Menurut
Wina Sanjaya (2013:129), research and
development merupakan proses pengembangan dan validasi produk pendidikan.
Dalam research and development setidaknya ada tiga hal yang harus dipahami
yakni; 1) tujuan akhir research and development adalah suatu produk yang andal
karena melewati pengkajian terus menerus; 2) produk yang dihasilkan sesuai
dengan kebutuhan lapangan; 3) proses pengembangan produk dari mulai pengembangan
produk awal sampai produk jadi yang sudah divalidasi.
Sementara itu, jenis
pendekatan yang sesuai dengan permasalahan di atas adalah Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan pendekatan pembelajaran
pada siswa dengan pemberian masalah autentik sehingga siswa dapat menyusun
pengetahuannya sendiri, menumbuhkankembangkan keterampilan yang lebih tinggi,
memandirikan siswa dan meningkatkan kepercayaan diri siswa (Arends, dalam
Hosnan, 2014:295). PBL mempunyai ciri penggunaan masalah kehidupan nyata
sebagai sesuatu yang harus dipelajari siswa untuk melatih dan meningkatkan
keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta mendapatkan pengetahuan
konsep-konsep penting. Menurut Ibrahim dalam Hosnan (2014:295) pembelajaran
berbasis masalah bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan
keterampilan berpikir dan keterampilan pemecahan masalah.
Referensi:
M. Hosnan. (2014).
Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia
Indonesia.
Wina Sanjaya. (2013).
Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar