Senin, 12 Oktober 2015

Metodologi Penelitian Pendidikan: Variabel Penelitian

VARIABEL PENELITIAN

A.    Pengertian Variabel
Menurut Suharsimi Arikunto (1998:99) variabel penelitian adalah objek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian. Sementara itu menurut Sutrisno Hadi (1982:437) variabel adalah semua keadaan, faktor, kondisi, perlakuan, atau tindakan yang dapat mempengaruhi hasil eksperimen. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel adalah apa saja yang menjadi fokus dalam penelitian, yang nilainya berubah-ubah.

B.     Macam-macam variabel




1.      Variabel Independen
Variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahan atau timbulnya variable dependen.
Variabel independen bisa juga disebut pengaruh, bebas, stimulus, prediktor

2.      Variabel dependen
Merupakan variable yang dipengaruhi atau akibat karena adanya variabel bebas.
Variabel dependen bisa juga disebut variabel terikat, dipengaruhi, output, kriteria, atau konsekuen.
Contoh:
Pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi (variabel independen à model pembelajaran, variabel dependen à prestasi)
Variabel Dependen dapat dikelompokkan menjadi:
a.      Variabel Tujuan
b.      Variabel Intervening (antara)
Variabel yang menghubungkan hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen yang dapat memperkuat ataupun memperlemah namun tidak dapat diamati atau diukur.
Contoh:
Pengaruh model pembelajaran (independen) terhadap motivasi (intervening) dan prestasi (dependen)
c.       Variabel Moderator
Merupakan variabel yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel independen dan dependen). Variabel ini sering disebut variabel dependen kedua.
Contoh:
Pemahaman guru terhadap model pembelajaran memperkuat pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi
d.      Variabel Kontrol
Variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti.
Contoh:
Apakah ada perbedaan antara dua kelas yang pertama diberikan model pembelajaran saintifik dengan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah jika kemampuan awal siswa dianggap sama


C. Penggunaan Variabel Dalam Penelitian
1.    Definisikan Variabel
Pendefinisian variabel bertujuan untuk memberikan batasan pada variabel yang akan menjadi fokus dalam penelitian agar jelas apa saja yang akan diteliti.
2.    Kaji Variabel (Pustaka, Hasil Riset)
Mengkaji variabel bertujuan untuk menguatkan definisi
3.    Menyusun Kisi-kisi Instrumen
Contoh kisi-kisi secara sederhana
Variabel
Indikator
Sumber Data
Instrumen
HOTS
-  Novelty (kebaruan) à relatif bagi siapa
-  Kontekstual
-  Problem solving
-  Divergen ...., dst
Siswa
Tes Uraian



Referensi:
 Diskusi dalam Perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan oleh Dr. Heri Retnawati
https://www.academia.edu/5051602/MACAM-MACAM_VARIABEL_DALAM_PENELITIAN



1 komentar:

  1. Referensinya masih belum jelas, Di atas ada nama Suharsimi Arikunto dan Sutrisno Hadi tapi daftar referensi tidak nampak,Yang nampak di referensi academia.edu tidak, nampak ada di bagian mana pada tulisan

    BalasHapus