Selasa, 20 September 2016

Conversation Course di Lembaga Bahasa Sanata Dharma

Beberapa minggu terakhir saya sering update di sosmed kalau saya sedang ada di Sanata Dharma. Banyak yang chat, ngapain sih di sana (Sanata Dharma)? Kamu kuliah malem di sana? Pacar kamu anak Sadhar ya? Ngga teman-teman..... sebenernya saya cari kegiatan disana dalam rangka mengurangi jam tidur saya hahahahha.

Well, sebenernya dua bulan yang lalu, saya mendaftar english course di Lembaga Bahasa Sanata Dharma. Program yang saya ikuti yaitu conversation class. Ya, sepertinya sudah lebih dari sewindu saya belajar bahasa ini, tapi rasanya masih sangat jauh untuk bisa suatu saat survive di belahan dunia sana dengan kemampuan bahasa yang saya miliki saat ini. Tapi semoga suatu saat bisa mencoret satu dari banyak list impian hidup untuk sekedar “pernah tinggal” di luar negeri. Amiiin, yeay!
Saya bukan tipe orang yang mudah dibuat “nyaman” dengan style belajar yang disuguhkan oleh bimbingan belajar. Tapi di sini, saya jadi lebih bersemangat datang. Nah setidaknya bersemangat datang dan muncul sesal ketika harus absen adalah poin pluuuuss bagi saya yang artinya saya merasa “nyaman”. Thats why, saya coba berbagi informasi tentang program ini. Semoga bermanfaat ya buat temen-temen yang emang lagi butuh informasi semacam ini.
Gimana sih bisa join course ini? Langkah pertamaaa, yup! Kita harus daftar terlebih dahulu di kantor bahasa kampus Sanata Dharma pusat yang ada di Jalan Gejayan Yogyakarta. Disana kita akan dilayani dengan ramah oleh bapak yang bertugas. Ohya, jangan lupa bawa fotocopy ijazah terakhir, kartu identitas, foto 3x4, dan biaya administrasi sebesar Rp 50.000,00. Nanti akan diinformasikan kapan placement test diadakan.
Ohya, sebelum kita mengikuti course ini akan ada placement test terlebih dahulu. Placement test ini akan diadakan dua sesi, writing and speaking test. Nah nantinya akan ada kelas pre-beginner, begginer, upper-beginner, pre-intermediate, etc. Dan kebetulan saya ada di kelas pre-intermediate. Nah untuk biaya nya pun sesuai dengan tingkatan kelas kita. If I am not mistaken, untuk kelas pre-intermediate saya harus membayar Rp 580.000,00 untuk sekitar 26 kali pertemuan dengan durasi 90 menit for each meetings. Hmm worth price lah yaa.
Satu kelas rata-rata hanya akan berisi 10-15 orang. Rasanya cukup efektif kok, supervisor class nya pun asiiiik dan menyenangkan. Dan enaknya lagi, kita bisa pilih jam belajar sore atau malam setelah maghrib. Tentu bisa disesuaikan dengan aktivitas kita. Saya pilih kelas malam doong, karena pagi-siang saya fokuskan kegiatan di kampus. Maklum, masih anak sekolahan heheuuu.

After the class with Mr Daniel
Fyi, teman-teman satu kelas saya kebanyakan mahasiswa magister juga, ada juga yang sudah bekerja. Mereka berasal dari beragam background disiplin ilmu. Jadi selain dapet ilmu tentang how to speak well, kita juga bisa nih nambah ilmu dari perspektif lain. Gimana bisa? Jadi sistem belajarnya ngga Cuma kita disuruh ngapalin ABCD sampai Z, tapi lebih kepada kita disodorin issue atau kasus, kemudian bagaimana tanggapan kita (tentu bagaimana kita menyampaikan pandangan kita disertai dengan beragam ekspresi yang dipelajari). Dari situ saya seringkali tercengang denger pendapat temen-temen lain yang kritis, inovatif. Kadang sampai merasa I am nothing. Tapiiii, nyatanya itu juga yang bikin saya jadi lebih semangat belajar, belajar apapuun. Karena, ya, masih buanyaaaaaak yang tidak saya tahu.
Well, selama dua bulan mengikuti program ini akan ada dua kali test, yaitu mid test dan final test. Masing-masing tes akan terdiri dari writing test dan speaking test. Nilai dari tes ini lah yang konon nanti akan terpampang di sertifikat setelah kita selesai mengikuti program. Tapiii, sertifikat ini hanya akan keluar kalau temen-temen memenuhi kehadiran 75%. Mirip sama peraturan kuliah lah yaa. Tapi gapapa, jadi semangat lebih biar rajin berangkat.
Course ini ngga cuma belajar di kelas ajaa, akan ada satu kali outdoor activity. Jadi semua peserta course dari kelas pre-beginner sampai intermediate gabung jadi satu. Biasanya tema tiap tahun akan berganti-ganti. Seru juga karena nanti akan ada the winner bagi kelompok kelas yang berhasil completing the mission. Lain kali ya akan saya share di sini.
Semoga bermanfaat ya.
Salam,

Indi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar