Selasa, 15 Desember 2015

Berbuat Baik, Nunggu Mood Baik?

Saya seorang mahasiswi yang secara kognitif biasa-biasa saja. Tidak jadi yang teratas, namun juga ngga di paling bawah (semoga, aamiin). Sebagai mahasiswi yang belum dikaruniai otak cemerlang harusnya dibarengi sama doa dan semangat belajar yang tinggi dong ya biar terhindar dari “terancam lulus hampir cumlaude” (oke, yang hampir hampir itu memang selalu nyeseg). Tapi buruknya saya, semangat belajar seringnya naik turun kaya roller coaster. Dan bisa dipastikan titik puncak semangat ada di detik detik menjelang deadline. Huft.


*maap yaa gambarnya ngga nyambung*


Sebentar, tulisan dibuat ini tidak lebih sebagai pengingat saya pribadi. Tidak bermaksud sok-sok an atau menggurui yaaa hehehe. Nah, saat saya menulis ini, posisi sedang mati lampu. Laptop habis baterai dan hanya hp yang masih nyala. Dan draft tulisan ini pun saya ketik via hp karena bingung mau ngapain.

Jadi begini….Beberapa menit yang lalu, saya sedang semangat-semangatnya nugas. Besok belum deadline sih, tapi karena merasa sedang banyak inspirasi jadilah saya beritikad bulat untuk nyicil tugas. Dan ketika mungkin baru dapet 5%, teeeeetteetttttt listrik mati. Ya Allah nyeseg bukan main gaess. Disaat ngrasa semangat banget nget nget dan ide juga kayanya lagi bermunculam tiba2 pfttt listrik mati dan laptop ikutan mati karena batrai habis bis bis.

Sepele sih yaaa, tapi sambil tiduran di kegelapan saya jadi mikir. Oh iya yaaa…. Masih untung besok bukan deadline saya. Coba kalau besok deadline saya, pasti malem ini saya nangis guling-guling ngga ketulungan karena baru kelar 5% dan besok udah harus dipresentasiin.

Kasus lain yang akhirnya bikin saya instropeksi adalah kejadian awal bulan Desember ini. Kalau ngga salah waktu itu hari Senin. Senin memang tidak ada jadwal kuliah tetap karena senin tempatnya mata kuliah pengganti. Hari selasanya saya harus ngumpulin 3 tugas. Nah Senin pagi bersemangatlah saya untuk ke Perpustakaan buat ngerjain tugas. Teteteeeeetttt jam 7.30 saya sudah siap dan langsung berangkat ke kampus. Ngga ada hujan ngga ada angin, tiba tiba saya mendadak lemes mual pusing mules dan berujung pada keringat dingin. Rasanya dijalan udah mau pingsan bahkan sempet  m*ntah di jalan. Akhirnya saya berenti sejenak dan putar balik karena nggrasa udah ngga kuat. Ternyata hari itu saya datang bulan dan dibarengi dengan masuk angin kali yaa. Jadilah seharian saya hanya tidur guling guling di kasur karena nahan sakit. Apakabar tugas? Yaaah bisa dipastikan, baru tengah malam saya ngerjain dan itu bikin kepala pusing antara mikir dan tekanan batin takut kalau ngga kelar.

See? Saya bersemangat bahkan ngga ada kuliah pun 7.30 saya sudah siap berangkat ke Perpus untuk ngerjain. Tapi…… apa daya ternyata ada hal lain diluar kendali yang ngga support. Kita bisa apa?

Jadi pada intinya, ngerjain sesuatu yang baik (re: ngerjain tugas) jangan cuma nunggu mood baik, jangan nunggu mepet deadline, jangan nunggu punya ide cemerlang (ngomong di depan kaca). Karena halangan dan rintangan yang menghadang tidak semata-mata dari dalam diri kita. Faktor luar pun kadang ikut nimbrung tanpa permisi. Dari diri kita udah semangat udah on fire banget. Tapi tiba2 alam ngga support. Kita bisa apa?

Ketika tulisan ini saya publish di blog berarti listrik sudah nyala. Saya bisa melanjutkan nugas? Bisa dong. Tapi semangat? Belum tentu se on fire tadi. Ide? Bisa jadi yang tadi penuh di kepala sudah melayang-layang entah kemana.

Salam,
Indi



2 komentar: