INSTRUMEN
PENELITIAN
Venti
Indiani | 15709251057
Instrumen merupakan perangkat penting
yang digunakan dalam penelitian. Secara garis besar instrumen dibedakan menjadi
dua, yaitu instrumen tes dan non tes. Berikut merupakan bagan mengenai bentuk
instrumen tes dan non-tes.
Instrumen
Penelitian berupa tes antara lain:
Pilihan ganda
Tes
ini mempunyai beberapa kemungkinan jawaban yang harus dipilih oleh peserta tes.
Melalui tes pilihan ganda mampu memberikan nilai berupa angka tanpa dipengaruhi
oleh subjektifitas penilai.
Contoh:
Logika
berpikir yang digunakan dalam penelitian kuantitatif adalah:
A
deduktif
B
induktif
C
deduktif-induktif
D
deduktif-prediktif
Menjodohkan
Tes menjodohkan
merupakan salah satu tes yang terdiri dari sejumlah item yang masing-masing
item tersebut dibagi dalam dua lajur, yaitu lajur pertanyaan/pernyataan dan
lajur jawaban. Tugas peserta tes adalah menjodohkan jawaban sehingga cocok
dengan pertanyaan/pernyataan.
Contoh:
Pernyataan/pertanyaan
|
Jawaban
|
Pilihan
Jawaba
|
Ibukota
provinsi Jawa Tengah
|
|
Denpasar
|
Ibukota
provinsi Jawa Barat
|
|
Surabaya
|
Ibukota
provinsi Bali
|
|
Semarang
|
Ibukota
provinsi Jawa Timur
|
|
Bandung
|
Isian singkat
Dalam
tes isian singkat peserta tes mempunyai kebebasan untuk mengisi jawaban. Observer
menyiapkan benerapa pertanyaan dan peserta tes diminta untuk mengisikan jawaban
secara singkat.
Benar atau salah
Tes
benar atau salah sering disebut juga true-false
test. Tes ini terdiri dari pernyataan yang disertai dengan alternatif
jawaban yaitu benar atau salah. Peserta tes diminta untuk memilih benar atau
salah atas pernyataan yang diberikan.
Contoh:
Pernyataan
|
B
|
S
|
Operasi perkalian bersifat komutatif
|
v
|
|
Uraian/essay
Tes
ini disebut juga tes subjektif (subjective
test), pada umumnya terdiri dari sejumlah pertanyaan dalam bentuk uraian yang
harus dijawab dalam bentuk uraian tertulis atau berupa kalimat bebas yang
disusun sendiri oleh peserta tes. Secara umum tes uraian dikategorikan menjadi
dua, yaitu tes uraian bebas (extended
response test) dan tes uraian terbatas (restricted
response test).
Contoh:
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan pendekatan problem
solving. à
(extended response test)
Sebutkan
empat langkah pemecahan masalah menurut Polya. à (restricted response test)
Sementara
itu Instrumen Penelitian berupa Non Tes yaitu:
Lembar Obsevasi
Lembar
observasi ini berisi catatan penting yang terjadi selama penelitian
berlangsung.
Pedoman wawancara
Pedoman
wawancara berisi daftar pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan oleh
observer kepada yang akan dimintai informasi.
Angket
Angket
merupakan pernyataan atau pertanyaan yang disertai dengan alternatif-alternatif
jawaban sehingga dalam memberikan jawaban responden cukup memilih salah satu
dari jawaban yang telah disediakan. Angket dibedakan menjadi dua, yaitu angket
dengan pertanyaan terbuka dan angket dengan pertanyaan tertutup.
(i) Angket Pertanyaan Terbuka
Angket
ini memiliki alternatif jawaban berbentuk pilihan ganda, namun peneliti
berasumsi jawaban yang disediakan mungkin tidak sesuai dengan responden
sehingga perlu diberikan kesempatan untuk memberikan jawaban lain.
Contoh:
Menurut
Saudara, mata pelajaran apa yang sesuai untuk diintegrasikan dalam pembelajaran
sadar bencana berbasis kearifan lokal?
a
|
Semua mata pelajaran
|
b
|
IPA
|
c
|
IPS
|
d
|
Agama
|
e
|
Lainnya, .......
|
(ii) Angket Pertanyaan Tertutup
Angket
ini berisi pertanyaan atau pernyataan disertai dengan jawaban yang harus dipilih
oleh responden tanpa memberikan kemungkinan jawaban lain. Dengan demikian
responden harus memilih diantara beberapa alternatif jawaban yang menurutnya
tepat atau paling sesuai. Tidak ada kesempatan bagi responden untuk
mengemukakan pendapatnya.
Contoh:
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KK
|
JR
|
TP
|
Saya giat mengerjakan tugas matematika
yang diberikan guru
|
|
|
|
|
|
Saya mudah menyerah apabila menemui
masalah matematika yang sulit
|
|
|
|
|
|
Saya bertanya pada guru matematika
apabila menemui permasalahan matematika yang sulit dipahami
|
|
|
|
|
|
Saya mencari berbagai sumber belajar
untuk menambah pengetahuan saya mengenai matematika
|
|
|
|
|
|
Daftar cek
Dalam
menyusun daftar cek, setiap variabel dijabarkan secara rinci menjadi
unsur-unsur yang disusun secara teratur berupa suatu daftar urutan kualifikasi
data yang akan diamati kemunculannya. Tugas observer dalam menggunakan daftar
cek yaitu dengan memberikan tanda cek berupa tanda silang, tanda centang (v),
dilingkari, dan lain sebagainya.
Contoh
daftar cek:
Dilakukan
penelitian untuk mengetahui tindak belajar siswa dalam penerapan sutau metode pembelajaran
kooperatif. Untuk itu dibuat unsur atau gejala yang akan diamati sebagai
berikut.
No
|
Komponen
|
Aspek
yang diamati
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Motivasi
|
Sebagian besar siswa terlihat antusias
dalam belajar
|
v
|
|
Siswa membuat target dalam
menyelesaikan tugas
|
v
|
|
||
2
|
Keaktifan
|
Sebagian besar siswa aktif bertanya
|
v
|
|
|
|
Sebagian besar siswa aktif
mengemukakan ide
|
v
|
|
|
|
|
|
|
Referensi:
Diskusi dalam
Perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan oleh Dr. Heri Retnawati
Wagiran.
2015. Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta:
Deepublish.
Lebih baik kalau dijabarkan dan diberi contoh agar pembaca dapat memahami dengan baik
BalasHapusbaik Pak akan segera saya lengkapi. terimakasih.
Hapus